penggunaan aritkel A dalam bahasa inggris

ahmadi:

sir bhas, how do you do…? wish you all the best

sir, mau tanya lagi…(heeehehe maaf tanya2 terus sir)
kalo noun + a (di awal kalimat) menambah arti g ya sir…
i.e:
sleep -> asleep
live -> alive
other -> another
(ada yg lain lagi may be, sy g tau)
and then…
kalo be dan became/become tu artinya beda ya sir…
i.e:
She became the light inside of me
why it doesn’t just:
she will be the light inside of me
(sir, mungkin bisa menbahkan another example sentences)

tanks sir…



teacher:

Hi Ahmadi,

Yang terbaik dilakukan untuk mengetahui perbedaan antara “word” vs “a+word” adalah dengan mengeceknya di kamus tiap kali menemukan kata-kata bersangkutan. Why? Karena dampak dari penambahan A ini tidak konstan. Ada yang berdampak pada perubahan klas kata (misalnya: dari kata kerja menjadi kata sifat), ada yang hanya menambahkan makna “SATU” pada kata yang mengikutinya, dan ada yang merubah arti.

Khusus untuk “sleep” vs “asleep“, sleep dapat berfungsi sebagai verb dan noun, sedangkan asleep adalah adjective dan adverb.
Contoh:
I usually sleep at 2 am. (as a verb)
I am so sleepy. I need a short sleep (as a noun)
I didn’t respond in the chat room last night because I fell asleep (as adverb)
I hate noises when I am asleep (as adjective)

LIVE vs ALIVE (please click the link).

OTHER VS ANOTHER
Other = yang lain; another = satu (lagi) yang lain; Kalau tidak diawali oleh THE (the other), gunakanlah another.
Contoh:
I need another year to finish my study.
I need other year to finish my study. (INCORRECT, well, sounds clumsy).
I bought two t-shirts yesterday. One is for myself and the other one is for my brother.
I bought two t-shirts yesterday. One is for myself and the other is for my brother.
I bought two t-shirts yesterday. One is for myself and another one is for my brother. (KURANG PAS)
I asked the cheating student to go home while the other students were still taking my exam.
I asked the cheating student to go home while the other ones were still taking my exam.
I asked the cheating student to go home while the others were writing their exam.

BROAD vs ABROAD
Broad adalah adjective yang berarti lebar, sedangkan abroad adalah adverb yang berarti luar negeri. Artinya berbeda jauh, bukan?
David has very broad shoulders.
David wants to study abroad.

BE vs BECOME
She became the light inside of me (= Dia (dulu) menjadi penerang hidupku)
She becomes the light inside of me (= Dia (sekarang) menjadi penerang hidupku)
She will become the light inside of me (= Dia akan menjadi penerang hidupku)
She will be the light inside of me (= Dia akan menjadi penerang hidupku)

Jadi, alasannya adalah karena konteksnya berbeda.

Discussi lainnya, silakan baca BE vs BECOME ----/