BEDA PAST TENSE DAN PRESENT PERFECT TENSE

Saya masih ragu tentang perbedaan penggunaan present perfect tense dengan simple past tense. Misalnya, apakah “Have you eaten?” bisa juga dinyatakan dengan past tense menjadi “Did you eat?”.




BEDA PAST TENSE DAN PRESENT PERFECT TENSE

Great question Restyreswary.

Jika anda ingin menanyakan “Apakah kamu sudah makan?” maka kalimat yang tepat adalah:

Have you eaten?

Gunakan present perfect tense jika fokus pertanyaannya untuk mengetahui apakah lawan bicara “SUDAH” makan atau “BELUM” dan tidak mempersoalkan (atau tidak menekankan) kapan dia makan. (Lihat penggunaan present perfect tense kategori yang pertama). Kalimat ini dan begitu juga kalimat dalam present perfect tense lainnya tidak pernah menggunakan kata tanya “when” secara mandiri. Dalam bahasa Indonesia pun akan terasa janggal jika bertanya: “kapan kamu telah makan?”, bukan? So, INCORRECT jika kalimatnya:

When have you eaten?

Jika jawaban dari pertanyaan “Have you eaten?” di atas adalah “Yes, I have”, dan misalnya anda sekarang ingin menanyakan kapan dia makan, maka pertanyaannya dinyatakan dalam past tense:

When did you eat?

Why? Karena past tense digunakan untuk menyatakan kejadian yang telah dilakukan pada waktu yang spesifik di masa lampau, sebaliknya, present perfect tense tidak. Dan jawabannya juga dalam past tense, misalnya:

1. I ate an hour ago.
2. I ate just before you arrived. dan seterusnya.

Tetapi, jika jawaban dari pertanyaan “Have you eaten?” di atas adalah “No, I haven’t”, dan anda sekarang ingin menanyakan sejak kapan dia belum makan, maka pertanyaanya dinyatakan dalam present perfect tense:

1. Since when have you not eaten? atau
2. Since when haven’t you eaten? atau
3. When haven’t you eaten since? atau
4. How long haven’t you eaten yet?

Perhatikan: kata tanya “when” tidak sendirian, tetapi dibarengi dengan kata “since“.

Jawaban dari pertanyaan ini harus dalam present perfect tense, misalnya:

1. I haven’t eaten since last night.
2. I haven’t eaten since this morning.
3. I haven’t eaten for two days. (jawaban untuk pertanyaan ke4) dan seterusnya. atau
4. Since last night atau since this morning, atau for two days (jawaban informal).

Kesimpulannya adalah gunakan past tense jika waktu kejadiannya spesifik in the past, sebaliknya gunakan present perfect tense jika waktunya tidak spesifik in the past (yaitu untuk menyatakan apakah suatu kejadian sudah/belum terjadi, untuk menyatakan berapa kali terjadi in the past, dan untuk menyatakan durasi kejadian from past time to now). ----/