Pelajaran Matematika SMA Kurikulum 2013 (Kelompok Wajib)
Berikut ini
Buku Pelajaran Matematika SMA Kelas X (Kelompok Wajib) Kurikulum 2013 Buku Pelajaran Matematika SMA-MA/SMK Kelas X Kelompok Wajib ini diterbitkan oleh penerbit Yrama Widya. Bagi anda yang ingin membeli buku ini dapat menghubungi
081321881835,
PIN: 233784A1 atau anda dapat langsung mengunjungi situs resminya di
www.marketing-buku.com. Harga buku ini
Rp.75. 000 belum termasuk ongkos kirim,
Diskon 20-40% tergantung jumlah pesanan anda.
Selain
Buku Matematika SMA-Ma/SMK Kelas X Kelompok Wajib Kurikulum 2013, tersedia Juga
Buku Pelajaran Matematika Peminatan SMA-MA Kelas X Kurikulum 2013. Harga buku
Matematika Peminatan Kelas X ini
Rp58.000, Buku ini ditulus oleh
Marthen Kanginan, diterbitkan oleh
Penerbit Yrama Widya. Untuk mendapatkan buku ini silahkan klik
DISINI, atau ada bisa langsung menghubungi marketingnya di nomor
081321881835,
PIN: 233784A1.
Buku Matematika SMA-MA Kelas X (Peminatan) Kurikulum 2013 tidak hanya disusun oleh penulis yang berpengalaman (Marthen Kanginan), namun juga memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan banyak buku-buku yang lain yang sejenis.
Pendekatan pembelajaran bersifat student-centered dan inquiry learning yang melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan konsep-konsep matematika melalui kegiatan mandiri, sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.
- Pembelajaran diawali dengan pengenalan penggunaan materi dalam proses pemecahan masalah tertentu dalam kehidupan nyata.
- Pemodelan diberikan untuk membantu siswa memahami konsep yang diperkenalkan.
- Setiap bab disajikan secara sistematis, terstruktur dan gradual, mulai dari hal yang sederhana ke yang lebih kompleks.
- Penyelesaian soal diberikan secara variatif dengan mencontohkan penyelesaian soal dengan beberapa cara sehingga melatih dan mengasah kreativitas siswa.
- Penyelesaian soal menjadi lebig mudah dengan menggunakan Tips Marthen Kanginan.
- Dilengkapi dengan soal-soal tantangan yang merangsang siswa untuk bereksplorasi lebih jauh, seperti soal-soal UM Perguruan Tinggi dan soal-soal Olimpiade Matematika.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Wajib Pelajaran Matematika SMA X Kurikukum 2013 sebagai berikut.
KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI INTI |
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya | |
2. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam ber interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia | Bidang Aljabar
- Melatih diri memiliki pola hidup yang disiplin, konsisten dan jujur sebagai dampak mempelajari konsep dan aturan eksponen dan logaritma serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
- Menunjukkan kesadaran hak dan kewajiban serta toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat majemuk sebagai gambaran menerapkan nilai-nilai matematis sebagai hasil mempelajari persamaan dan pertidaksamaan linier
- Menunjukkan sikap peduli lingkungan melalui kegiatan kemanusiaan dan bisnis dalam rangka optimalisasi sumber daya alam yang berhubungan dengan konsep dan penerapan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV)
- Memiliki rasa percaya diri dalam menggunakan prinsip-prinsip logika matematika sederhana dalam kehidupan sehari-hari
- Memiliki motivasi internal dalam bekerjasama mempelajari konsep relasi dan fungsi serta operasi yang berkaitan dengannya
- Membiasakan berperilaku jujur, disiplin dan bertanggung-jawab dalam merancang dan menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat
Bidang Geometri
- Memiliki motivasi internal dan merasakan keindahan dan keteraturan matematika dalam perhitungan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang dilakukan dengan menggunakan sifat-sifat bangun datar dan ruang
Bidang Trigonometri
- Memiliki ketangguhan diri dan menunjukkan sikap konsisten dalam menghadapi masalah kehidupan sebagai gambaran mempelajari nilai perbandingan dan fungsi Trigonometri
Bidang Statistika
- Menunjukkan sikap kritis dalam menyajikan dan menafsirkan data dalam bentuk tabel atau diagram/plot
< li>Menunjukkan sifat teliti dan disiplin dalam menggunakan aturan dan rumus-rumus statistika dalam menentukan ringkasan data- Bersikap jujur, kritis dan bertanggung-jawab dalam mengomunikasikan hasil analisis data dan memberikan informasi yang benar berdasarkan ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data
|
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah | Bidang Aljabar
- Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah- langkahny a
- Memahami dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata
- Memahami konsep Sistem Persamaan Linier Dua dan Tiga Variabel, dan mampu menerapkan berbagai strategi yang efektif dalam menentukan himpunan penyelesaiannya serta memeriksa kebenaran jawabannya
- Memahami konsep pertidaksamaan linier dua variabel dan menerapkan aturan menentukan himpunan penyelesaiannya dalam pemecahan masalah matematika
- Memahami daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam berbagai bentuk (grafik, himpunan pasangan terurut, atau ekspresi simbolik)
- Menentukan daerah asal dan daerah hasil suatu relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk, dan menentukan berbagai relasi yang mungkin bila diberikan daerah asal dan daerah hasilnya
- Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi
- Mema hami berbagai bentuk ekspresi yang dapat diubah menjadi persamaan kuadrat
- Memahami persamaan dan fungsi kuadrat, memilih strategi dan menerapkan untuk menyelesaikan persamaan dan fungsi kuadrat serta memeriksa kebenaran jawabannya
- Memahami dan menganalisis aspek-aspek sederhana argumentasi logis yang digunakan dalam matematika yang sudah dipelajari, seperti penalaran induktif dan deduktif, hipotesis dan simpulan dalam deduksi logis, dan contoh penyangkal
- Menganalisis fungsi dan persamaan kuadrat dalam berbagai bentuk penyajian masalah kontekstual
- Menganalisis grafik fungsi dari data terkait masalah nyata dan menentukan model matematika berupa fungsi kuadrat
Bidang Geometri
- Memahami konsep jarak dan sudut antar titik, garis dan bidang melalui demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya
Bidang Trigonometri
- Memahami konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-si ku melalui penyelidikan dan diskusi tentang hubungan perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian dalam beberapa segitiga siku-siku sebangun
- Menemukan sifat-sifat dan hubungan antar perbandingan trigonometri dalam segitiga siku-siku
- Memahami dan menentukan hubungan perbandingan Trigonometri dari sudut di setiap kuadran, memilih dan menerapkan dalam penyelesaian masalah nyata dan matematika
- Memahami konsep fungsi Trigonometri dan menganalisis grafik fungsinya serta menentukan hubungan nilai fungsi Trigonometri dari sudut-sudut istimewa
Bidang Statistika
- Memahami berbagai penyajian data dalam bentuk tabel atau diagram/plot yang sesuai untuk mengomunikasikan informasi dari suatu kumpulan data melalui analisis perbandingan berbagai variasi penyajian data
- Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan
- Memahami dan meng gunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran data sesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan dan mengkomunikasikannya
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan | Bidang Aljabar
- Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya
- Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier dalam memecahkan masalah nyata
- Menggunakan SPLDV untuk menyajikan masalah kontekstual dan menjelaskan makna tiap besaran secara lisan maupun tulisan
- Membuat model mat ematika berupa SPLDV dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
- Menggunakan SPLTV untuk menyajikan masalah kontekstual dan menyelesaikan dengan berbagai cara serta memeriksa kebenaran jawabannya
- Membuat model matematika berupa sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) dari masalah nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
- Membuat model matematika berupa persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel yang melibatkan nilai mutlak dari situasi nyata dan matematika, serta menentukan jawab dan menganalisis model sekaligus jawabnya
- Mengidentifikasi dan menerapkan konsep fungsi dan persamaan kuadrat dalam menyelesaikan masalah nyata dan menjelaskannya secara lisan dan tulisan
- Menyusun model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat dan menyelesaikan serta memeriksa kebenaran jawabannya
< li>Menggambar dan membuat sketsa grafik fungsi kuadrat dari masalah nyata berdasarkan data yang ditentukan dan menafsirkan karakteristiknya- Mengidentifikasi hubungan fungsional kuadratik dari fenomena sehari-hari dan menafsirkan makna dari setiap variabel yang digunakan
- Menganalisis aspek-aspek sederhana argumentasi logis yang digunakan dalam matematika yang sudah dipelajari dan dalam kehidupan sehari-hari
Bidang Geometri
- Menggunakan berbagai prinsip bangun datar dan ruang serta dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang
Bidang Statistika
- Menyajikan data nyata dalam bentuk tabel atau diagram/plot tertentu yang sesuai dengan informasi yang ingin dikomunikasikan
- Menyajikan dan mengolah data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi dan histogram untuk memperjelas dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata
|
SOAL DAN PEMBAHASAN
----/
Penjelasan yang lain :
penggunaan Conditional (kalimat pengandaian) – Zero conditional dalam bahasa inggrispenggunaan Conditional (kalimat pengandaian) – Zero conditional dalam bahasa inggrisDasar Conditional (kalimat pengandaian) – Zero conditio… Read More...
penggunaan kunci sukses menghapal kosa kata bahasa inggris dalam bahasa inggrispenggunaan kunci sukses menghapal kosa kata bahasa inggris dalam bahasa inggrisDasar kunci sukses menghapal kosa kata bahasa inggris dalam i… Read More...
Penggunaan THE DEGREES OF COMPARISON / Tingkat Perbandingan / Comparative degrees2 Agu 2009 comparative/Komparatif: Kuantitas dalam inggris english inggris Belajar Tenses Bahasa Inggris Online Gratis Disini comparative/K… Read More...
penggunaan Demonstratives (kata penunjuk – this, that, these, those) dalam bahasa inggrispenggunaan Demonstratives (kata penunjuk – this, that, these, those) dalam bahasa inggrisDasar Demonstratives (kata penunjuk – this, that, … Read More...
penggunaan Quantifier – Much / Many / A Lot of dalam bahasa inggrispenggunaan Quantifier – Much / Many / A Lot of dalam bahasa inggrisDasar Quantifier – Much / Many / A Lot of dalam inggris english inggris… Read More...
penggunaan Adjective dan Adverb (kata sifat dan kata keterangan) dalam bahasa inggrisPertanyaan saya ini didasarkan pada arti dan penggunaan dari tenses dalam bahasa Inggris, jadi bukan berdasarkan form Adjective dan Adverb (… Read More...
penggunaan Get / Be used to dalam bahasa inggrispenggunaan Get / Be used to dalam bahasa inggrisDasar Get / Be used to dalam inggris english inggris dasar Tenses dalam Bahasa Inggriski… Read More...
penggunaan Have / Have Got dalam bahasa inggrispenggunaan Have / Have Got dalam bahasa inggrisFuture Tense | Tenses Bahasa Inggris2 Agu 2009 Have / Have Got dalam inggris english inggri… Read More...
penggunaan Preposition of time (kata depan yang menunjukkan waktu) dalam bahasa inggrisBuku Pendidikan dan Bahasa arrow PANDUAN PENGGUNAAN TENSES DALAM BERKOMUNIKASI Preposition of time (kata depan yang menunjukkan waktu) dala… Read More...
penggunaan Simple past tense dalam bahasa inggrispenggunaan Simple past tense dalam bahasa inggrisDasar Simple past tense dalam inggris english inggris dasar Tenses dalam Bahasa Inggriski… Read More...
contoh percakapan Making suggestions (memberikan saran)contoh percakapan Making suggestions (memberikan saran) tips mudah memahami dialog dialogue dalam bahasa inggris english conversationSelamat… Read More...
penggunaan Adverb of time (Kata keterangan waktu) – ago/already/anymore/just/yet/still dalam bahasa inggrisTenses Pengantar | Tenses Bahasa InggrisPertanyaan saya ini didasarkan pada arti dan penggunaan dari tenses dalam bahasa Inggris, jadi bukan… Read More...
penggunaan Quantifier – Few / Little / A Few / A Little dalam bahasa inggrispenggunaan uantifier – Few / Little / A Few / A Little dalam bahasa inggrisDasar uantifier – Few / Little / A Few / A Little dalam inggris… Read More...
penggunaan Conjunction (Kata penghubung – and, but, or, because, so) dalam bahasa inggrisBuku Pendidikan dan Bahasa arrow PANDUAN PENGGUNAAN TENSES DALAM BERKOMUNIKASI Conjunction (Kata penghubung – and, but, or, because, so) da… Read More...
penggunaan Present perfect – Past simple atau Present perfect? dalam bahasa inggris - part 4penggunaan Present perfect 4 – Past simple atau Present perfect? dalam bahasa inggrisSelamat Datang di IndonesiaTerakiat, kunci, tips dan t… Read More...
penggunaan Used to dalam bahasa inggrispenggunaan Used to dalam bahasa inggrisDasar Used to dalam inggris english inggris dasar Tenses dalam Bahasa Inggriskiat, kunci, tips da… Read More...
penggunaan Adverbs of Degree (Kata keterangan tingkat) – enough/too/very dalam bahasa inggrisindonesiatera. Adverbs of Degree (Kata keterangan tingkat) – enough/too/very dalam inggris english inggriskiat, kunci, tips dan trikAdverbs… Read More...
penggunaan Imperative (kalimat perintah) dalam bahasa inggrisBuku Pendidikan dan Bahasa arrow PANDUAN PENGGUNAAN TENSES DALAM BERKOMUNIKASI Imperative (kalimat perintah) dalam inggris english inggris … Read More...
penggunaan Adverb – Komparatif dalam bahasa inggrisindonesiatera. Adverb – Komparatif dalam inggris english inggriskiat, kunci, tips dan trikAdverb – Komparatif dalam inggris english ingg… Read More...
Active and Passive Voice dan Contohnya untuk Semua Tensespenggunaan Passive Voice dalam bahasa inggrisDasar Active and Passive Voice dan Contohnya untuk Semua Tenses dalam inggris english inggris… Read More...
penggunaan Preposisi dan Kata Penghubung Waktu – by / from / until dalam bahasa inggrish inggriskiat, kunci, tips dan trikPreposisi dan Kata Penghubung Waktu – by / from / until dalam inggris english inggris future Preposisi d… Read More...
penggunaan Modal Verb – Must / Have to dalam bahasa inggristensesbahasainggris. Modal Verb – Must / Have to dalam inggris english inggriskiat, kunci, tips dan trikModal Verb – Must / Have to dalam … Read More...
contoh percakapan Simple Shopping (Berbelanja)contoh percakapan Simple Shopping (Berbelanja) dalam bahasa inggris english conversationDasar Simple Shopping (Berbelanja) dalam inggris… Read More...
penggunaan Question Tags (Pertanyaan singkat) dalam bahasa inggrispenggunaan Question Tags (Pertanyaan singkat) dalam bahasa inggrisDasar Question Tags (Pertanyaan singkat) dalam inggris english inggris d… Read More...
penggunaan Comparatives dan Superlatives (Tingkat lebih dan Tingkat paling) dalam bahasa inggrispenggunaan Comparatives dan Superlatives (Tingkat lebih dan Tingkat paling) dalam bahasa inggrisDasar Comparatives dan Superlatives (Tingka… Read More...