beberapa Ungkapan Emosi dalam Bahasa Korea

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi juga merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Kebanyakan orang menganggap bahwa emosi artinya marah. Pafahal emosi dapat ditunjukkan kerika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu.

Kata "emosi" diturunkan dari kata bahasa Perancis, émotion, dari émouvoir, 'kegembiraan' dari bahasa Latin emovere, dari e- (varian eks-) 'luar' dan movere 'bergerak'. Kebanyakan ahli yakin bahwa emosi lebih cepat berlalu daripada suasana hati. Sebagai contoh, bila seseorang bersikap kasar, manusia akan merasa marah Perasaan intens kemarahan tersebut mungkin datang dan pergi dengan cukup cepat tetapi ketika sedang dalam suasana hati yang buruk, seseorang dapat merasa tidak enak untuk beberapa jam.

Bagi beberapa orang yang sedang belajar bahasa Korea atau sering berkomunikasi dengan orang Korea seperti aku, terkadang ingin meluapkan emosi dalam bahasa Korea.  Aku bakal memeberikan beberapa contoh pengungkapan emosi dalam bahasa Korea, apa yang kamu harus katakana saat merasa marah, senang, sedih, ketakutan dan lain sebagainya.

() 배고파 = (na) bae-go-pa = aku lapar 
() 괜찮아 = (na) gwen-chan-a = aku baik-baik saja 
() 졸려 = (na) jol-lyeo = aku mengantuk 
() 궁금해 = (na) gung-geum-hae = aku heran/aku curiga 
() 행복해 = (na) haeng-bok-hae = aku bahagia/aku senang 
편해 = pyeon-hae = aku merasa nyaman 
신난다 = sin-nan-da = aku merasa luar biasa 
고마워 = go-ma-wo = aku berterimakasih/terima kasih 
() 자신있어= (na) ja-sin-iss-eo = aku yakin 
피곤해 = pi-gon-hae = aku lelah 
() 외로워 = (na) we-ro-wo = aku kesepian 
() 심심해 = (na) sim-sim-hae = aku bosan 
화가나 = hwa-ga-na = aku marah 
무서워 = mu-seo-wo = aku ketakutan 
미안해 = mi-an-hae = maafkan aku 
짜증나  = jja-jeung-na = aku merasa terganggu 
창피해 = chang-pi-hae = aku merasa malu 
부끄러워 = bu-kkeu-reo-wo = aku merasa malu 
가슴아파 = ka-seum-a-pa = aku patah hati 
답답해 = dap-dap-hae = aku merasa frustasi 
() 슬퍼 = (na) seul-peo = aku sedih 
우울해 = u-ul-hae = aku depresi/aku merasa tertekan/aku murung

Bila diantara kalimat di atas menemukan () itu artinya kamu bisa menggunakannya atau tidak, itu tak akan merubah maksud yang ingin kamu sampaikan.

Kalimat untuk mengungkapkan perasaan ini adalah kalimat informal yang biasanya hanya digunakan pada orang yang seumuran denganmu atau lebih muda. Untuk membentuknya menjadi kalimat formal agar dapat digunakan pada orang yang lebih tua, caranya sangat mudah. Tambahkan saja “” pada belakang katanya, misalnya 부끄러워 + menjadi 부끄러워. Sederhana kan?

Nah bila ingin menanyakan ke orang lain juga sangat mudah, tinggal tempatkan tanda tanya (?) pada akhir kata dan intonasi pengucapannya juga seperti orang bertanya. Untuk kalimat yang ada () bila ingin mengubahnya menjadi kalimat tanya, tentu saja harus dihilangkan terlebih dahulu.


Reference:
http://www.youtube.com/watch?v=4swnVDBhVaU ----/