Letak Indonesia - Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia  n ame   titlePerhatikan peta di samping! Kalau kamu ingat – ingat tentang komponen suatu peta, salah satu diantaranya adalah “koordinat”, masih ingat bukan?. Untuk memperdalam materi ini cobalah kamu perhatikan Peta Letak Astronomis Indonesia. Berkaitan dengan materi ini ingatlah materi pelajaran pada kelas VII semester I tentang garis bujur dan garis lintang.
Bagaimana posisi Kepulauan Indonesia berdasarkan garis bujur dan garis lintang tersebut?
Perhatikan garis bujur paling Timur dan paling Barat, catat angka – angka tersebut. Demikian pula untuk garis lintang paling Utara dan paling Selatan.
Kalian sekarang telah paham bagaimana posisi Kepulauan Indonesia berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis bujur dan garis lintang dapat menentukan posisi suatu tempat dipermukaan bumi. Apa pengaruh posisi tersebut? Letak menurut garis bujur dapat mempengaruhi perbedaan waktu. Contoh waktu di Indonesia dibedakan menjadi 3 daerah yaitu Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur. Mengapa Indonesia hanya memiliki 3 daerah waktu? Hal ini berkaitan dengan posisi Indonesia dengan Greenwich Mean Time (GMT) sebagai standar waktu Internasional yaitu 0°. Garis bujur inilah yang dipakai sebagai standard waktu Internasional. Indonesia berada dibelahan timur dari GMT sehingga garis bujurnya berada pada 95° sampai dengan 141° dihitung mulai dari Greenwich tersebut. Karena letak Indonesia disebelah Timur kota Greenwich maka garis bujurnya disebut Bujur Timur. Bumi berputar pada sumbunya (Rotasi), sekali putaran membutuhkan waktu 24 jam. Lingkaran Bumi = 360°. Dengan demikian bila bumi berputar 1 jam menempuh lingkaran Bumi 360°/24 jam = 15°. Indonesia terletak diantara garis bujur 95°BT – 141°BT, panjangnya 46°. Panjang Garis bujur itulah jika dibagi 15°, maka di Indonesia dibagi menjadi 3 daerah, yaitu waktu di Indonesia Barat, Tengah, dan Indonesia bagian Timur, yang masing-masing berbeda 1 jam, atau 7 jam untuk Indonesia bagian Barat, 8 jam untuk Indonesia bagian Tengah, dan 9 jam untuk Indonesia bagian Timur dari Greenwich.
Kalau ada bujur standar lokal, apakah ada bujur standar Internasional? Jawabanya ada yaitu 0° yang letaknya di Kota Greenwich sebelah selatan kota London di Inggris. Garis bujur inilah yang dipakai sebagai standar, sehingga kalau di Indonesia garis bujurnya berada pada 95° s.d 141° BT dihitungnya mulai dari kota Greenwich tersebut ke arah Timur. Oleh karena letak Indonesia disebelah Timur kota Greenwich maka garis bujurnya disebut Bujur Timur.

Letak Geografis Indonesia

Selain letak astronomis, masih ada letak lain yang dikenal dengan Letak Geografis. Letak geografis adalah letak suatu daerah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Bagaimana mengenai letak geografi s Indonesia?
Keuntungan dari letak geografis tersebut di atas Indonesia memiliki letak yang strategis karena berada pada posisi silang sehingga sangat menguntungkan dari segi sosial, ekonomi dan politik.
Dibalik keuntungan tersebut ada pengaruh negatif yang sekarang ini tidak bisa dibendung, yaitu kebudayaan asing yang bersifat negatif masuk ke Indonesia akibat globalisasi, misalnya Indonesia ditengarai menjadi lalu lintas perdagangan Internasional narkoba yang membahayakan bagi generasi bangsa. Karena meupakan negara kepulauan rawan terjadinya penyelundupan, pencurian ikan oleh nelayan asing dan lain – lain.

korasi angin, letak indonesia berdasarkan ilmu bumi, contoh percakapan telepon bahasa indonesia, PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DI INDONESIA, peristiwa pengikisan di indonesia, materi bercerita, letak bayangan matahari, kliping bencana alam dan keterangannya, contoh percakapan lewat telepon, letak prosesus xipoideus, pelajaran sekolah keperawatan, percakapan lewat telepon dalam bahasa indonesia, percakapan menerima telepon, Soal Peribahasa bahasa indonesia, contoh peristiwa atau kasus akibat keanekaragaman indonesia, kliping perubahan lingkungan, contoh percakapan lewat telepon dalam bahasa indonesia, kingdom animalia ppt, bencana alam di indonesia dan keterangannya, contoh percakapan di telepon dalam bahasa indonesia, gambar profesi dalam bahasa inggris, cara mengajarkan bahasa indonesia kepada orang asing, contoh percakapan melalui telepon dalam bahasa indonesia, cerpen bahasa indonesia smp, metode monolitik erosi


Letak Indonesia

korasi angin, letak indonesia berdasarkan ilmu bumi, contoh percakapan telepon bahasa indonesia, PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DI INDONESIA, peristiwa pengikisan di indonesia, materi bercerita, letak bayangan matahari, kliping bencana alam dan keterangannya, contoh percakapan lewat telepon, letak prosesus xipoideus, pelajaran sekolah keperawatan, percakapan lewat telepon dalam bahasa indonesia, percakapan menerima telepon, Soal Peribahasa bahasa indonesia, contoh peristiwa atau kasus akibat keanekaragaman indonesia, kliping perubahan lingkungan, contoh percakapan lewat telepon dalam bahasa indonesia, kingdom animalia ppt, bencana alam di indonesia dan keterangannya, contoh percakapan di telepon dalam bahasa indonesia, gambar profesi dalam bahasa inggris, cara mengajarkan bahasa indonesia kepada orang asing, contoh percakapan melalui telepon dalam bahasa indonesia, cerpen bahasa indonesia smp, metode monolitik erosi ----/