Pengertian Air Mendidih

 n ame   titleMendidih adalah peristiwa penguapan zat cair yang terjadi di seluruh bagian zat cair tersebut. Peristiwa ini dapat dilihat dengan munculnya gelembung-gelembung yang berisi uap air dan bergerak dari bawah ke atas dalam zat cair.  Air dapat mendidih di bawah titik didih normalnya. Karena disiram dengan air dingin, maka tekanan di atas permukaan air di dalam labu berkurang akibat sebagian uap mengembun. Prinsip menaikkan titik didih suatu zat dengan memperbesar tekanan digunakan untuk pembuatan panci pressure cooker (panci tekan). Dengan ditutup rapat, air dalam panci tekan dapat mendidih di atas 100oC. Hal ini disebabkan tekanan udara dalam panci tekan menjadi lebih besar. Oleh karena itu, makanan yang dimasak dalam panci tekan akan lebih cepat masak dan duri ikan akan menjadi lunak.
Zat cair yang mendidih jika dipanaskan terus-menerus akan berubah menjadi uap. Banyaknya kalor yang diperlukan untuk mengubah 1 kg zat cair menjadi uap seluruhnya pada titik didihnya disebut kalor uap (U). Besarnya kalor uap dapat dirumuskan:
Q = U . m
Keterangan :
Q : Kalor yang diserap/dilepaskan (joule)
U : Massa zat (kg)
m : Kalor Uap (joule/kg)
Jika uap didinginkan akan berubah bentuk menjadi zat cair, yang disebut mengembun. Pada waktu mengembun zat melepaskan kalor, banyaknya kalor yang dilepaskan pada waktu mengembun sama dengan banyaknya kalor yang diperlukan waktu menguap dan suhu di mana zat mulai mengembun sama dengan suhu di mana zat mulai menguap.

pengertian mendidih, pengertian melebur, pelajaran ipa tentang cahaya, perbedaan menguap dan mendidih, materi ipa kelas 3 sd sumber daya alam, pelajaran ipa tentang cuaca, makalah ipa smp, pengertian penguapan air, pengertian cahaya ipa, rangkuman ipa smp kelas 7 8 9, materi cahaya kelas 8 smp, makalah SAINS SMP, materi cuaca dan iklim kelas x, makalah ipa smp kelas 7, mendidih adalah, proses air mendidih, ringkasan materi ipa smp kls 7 8 9, contoh mendidih, praktikum ipa smp, arti deflasi dalam pelajaran ipa, percobaan sederhana erosi untuk kelas 4 sd, deflasi IPA, rangkuman IPA kelas 7 8 9, makalah ipa kelas 7, rangkuman ipa cahaya kelas 8


Pengertian Mendidih

pengertian mendidih, pengertian melebur, pelajaran ipa tentang cahaya, perbedaan menguap dan mendidih, materi ipa kelas 3 sd sumber daya alam, pelajaran ipa tentang cuaca, makalah ipa smp, pengertian penguapan air, pengertian cahaya ipa, rangkuman ipa smp kelas 7 8 9, materi cahaya kelas 8 smp, makalah SAINS SMP, materi cuaca dan iklim kelas x, makalah ipa smp kelas 7, mendidih adalah, proses air mendidih, ringkasan materi ipa smp kls 7 8 9, contoh mendidih, praktikum ipa smp, arti deflasi dalam pelajaran ipa, percobaan sederhana erosi untuk kelas 4 sd, deflasi IPA, rangkuman IPA kelas 7 8 9, makalah ipa kelas 7, rangkuman ipa cahaya kelas 8 ----/