Contoh dialog kalimat Percakapan INVITATION - Mengundang, Menolak, dan Menerima

Pelajaran berbicara bahasa Inggris dengan topik undangan (invitation) itu meliputi 3 pembahasan, yaitu
1. Cara mengundang (inviting atau making invitation)
2. Menolak undangan ( rejecting atau declining invitation)
3. Menerima undangan (accepting invitation
Ketiga topik dalam berbicara undangan diatas akan kita pelakari secara komplit mulai dari frase yang sering digunakan, video untuk visualisasi undangan, dan contoh dalama berbagai kesempatan

a. Making invitation - Mengundang Seseorang
Contoh dialog bahasa Inggris tentang Making invitation adalah materi speaking kelas X SMA dan MA. Cara mengundang dalam bahasa Inggris ini bisa memakai ungkapan • Would you like to ....• We should be pleased/delighted if you could ...., dan • I'd very much like you to ..... Ungkapan Making invitation tersebut

Arti kalimat dan frase yang digunakan pada contoh percakapan mengundang dalam bahasa Inggris untuk kelas X sperti diatas bisa dilihat pada terjemahan Making invitation dibawah ini:
a. • Would you like to ....
• Apakah Anda ingin ....
b. • I'd very much like you to ....
• saya akan sangat banyak seperti Anda untuk ....
c. • We should be pleased/delighted if you could ....
• Kita harus senang / senang jika Anda bisa ..

b. Declining an Invitation - Menolak Undangan Seseorang
Contoh dialog bahasa Inggris tentang Declining an Invitation adalah materi speaking kelas X SMA dan MA. Cara menolak undangan dalam bahasa Inggris ini bisa memakai ungkapan • I'm very sorry, I don't think I can.• I 'm afraid I've already promised ...., dan • I'd like to, but .....
Arti kalimat dan frase yang digunakan pada contoh percakapan menolak undangan dalam bahasa Inggris untuk kelas X sperti diatas bisa dilihat pada terjemahan Declining an Invitationdibawah ini:
a. • I'm very sorry, I don't think I can.
• Saya sangat menyesal, saya tidak berpikir saya bisa.
b. • I'd like to, but ....
• Saya ingin, tapi ....
c. • I 'm afraid I've already promised ....
• Aku takut aku sudah berjanji ....
c. Accepting an Invitation - menerima undangan 
Contoh dialog bahasa Inggris tentang Accepting an Invitation adalah materi speaking kelas X SMA dan MA. Cara menerima undangan dalam bahasa Inggris ini bisa memakai ungkapan • That's very kind of you.• What a delightful idea., dan • We'd very much like to .....

Arti kalimat dan frase yang digunakan pada contoh percakapan menerima undangan dalam bahasa Inggris untuk kelas X sperti diatas bisa dilihat pada terjemahan Accepting an Invitationdibawah ini:
a. • That's very kind of you.
• Itu sangat baik dari Anda.
b. • We'd very much like to ....
• Sebaiknya kita sangat mirip dengan ....
c. • What a delightful idea.
• Apa menyenangkan ide.
Agar lebih mudah diingat ketika sedang berlatih menerima undangan dengan bahasa Inggris, frasa dan kalimat Accepting an Invitation apa saja yang sering dipakai, perhatikan gambar ringkasan materi Accepting an Invitation dibawah ini!

Frase yang sering digunakan ketika undangan itu bersifat INFORMAL alias tidak resmi
Gambar ungkapan contoh dialog Accepting invitations

Frase yang sering digunakan ketika undangan itu bersifat FORMAL atau kegiatan resmi
Gambar ungkapan contoh dialog Accepting an Invitation

Contoh Dialog Percakapan Undangan dalam Berbagai Kegiatan Formal dan Informal
Berikut diberikan contoh dialog tentang cara membuat undangan, menerima undangan, dan juga menolak undangan dengan berbagai jenis kegiatan baik resmi atau tidak

Percakapan Invitation 1
Ando : Hi, Intan. Have you seen The Conjuring movie?
Intan : Hi, Ando. I have not seen that movie. Why?
Ando : Would you like to see The Conjuring movie with me Tinoght?
Intan : Unfortunately. I can’t because I am scared horror movie.
Ando : Okay if you are scared horror movie. Shall we come to fireworks party in the downtown?
Intan : When it happen?
Ando : Tinoght, dear. How?
Intan : Really?
Ando : Yeah, if you can.
Intan : With pleasure, Ndra. I like fireworks very much.
Ando : Okay, I will pick you up at 8 pm.
Intan : Thank you.

Artinya
Ando: Hai, Intan. Pernahkah Anda melihat film The membayangkan?
Intan: Hai, Ando. Saya belum melihat film itu. Mengapa?
Ando: Apakah Anda ingin melihat film The membayangkan dengan saya Tinoght?
Intan: Sayangnya. Aku tidak bisa karena aku film horor takut.
Ando: Oke jika Anda film horor takut. Kita datang untuk pesta kembang api di pusat kota?
Intan: Kapan itu terjadi?
Ando: Tinoght, sayang. Bagaimana?
Intan: benar-benar?
Ando: Ya, jika Anda bisa.
Intan: dengan senang hati, Ndra. Saya suka kembang api sangat banyak.
Ando: Oke, aku akan menjemput Anda di 8.
Intan: Terima kasih.

Percakapan Invitation 2
Tommie : Hello Dianna, how are you?
Dianna : I am alright, what about you?
Tommie : I am fine, too. I got a brochure that there will be Shinta on 7 concert on next Sunday.
Dianna : Whoah, I just knew that.
Tommie : Yeah, that’s why I tell you now, because you are a big fan of Shinta on 7. I want you to come to the concert with me if you don’t mind.
Dianna : Sure. It’s my pleasure. And please save me in the crowded 😀
Tommie : Of course, I will.

Artinya
Tommie: Halo Dianna, bagaimana kabarmu?
Dianna: Aku baik-baik saja, bagaimana dengan Anda?
Tommie: Aku baik-baik saja, juga. Aku punya brosur bahwa akan ada Shinta pada 7 konser pada hari minggu berikutnya.
Dianna: Whoah, aku hanya tahu itu.
Tommie: Ya, itu sebabnya saya memberitahu Anda sekarang, karena Anda adalah penggemar besar dari Shinta pada 7. Saya ingin Anda untuk datang ke konser dengan saya jika Anda tidak keberatan.
Dianna: yakin. It's my kesenangan. Dan silakan Simpan saya di 😀 penuh sesak
Tommie: Tentu saja, aku akan.

Percakapan Invitation 3
Shinta  :  Hello, this is Shinta. May I speak to Venti?
Venti   :  This is Venti speaking.
Shinta  :  Oh, hi Venti. I wonder if you’d like to come to my house Tinoght. We’re having a great party.
Venti   :  I don’t think I can. I’m doing my homework. I’m afraid I couldn’t finish my homework.
Shinta  :  That’s alright.
Venti   :  I hope you enjoy your party.
Shinta  :  Thanks Venti.

Artinya
Shinta: Halo, ini adalah Shinta. Mungkin aku berbicara Venti?
Venti: Ini adalah Venti berbicara.
Shinta: Oh, hi Venti. Aku bertanya-tanya jika Anda ingin datang ke rumah saya Tinoght. Kami sedang mengadakan pesta besar.
Venti: saya tidak berpikir saya bisa. Aku melakukan pekerjaan rumahku. Aku takut aku tidak bisa menyelesaikan pekerjaan saya.
Shinta: Itu adalah baik-baik saja.
Venti: saya harap Anda menikmati pesta Anda.
Shinta: Thanks Venti.

Percakapan Invitation 4
Zindah : Good afternoon, dear friend!
Enni : Good afternoon. Why are you very happy ?
Zindah : Don’t you know , today is my birthday.
Enni : Really ? Oh, happy birthday
Zindah : Yeah , thank you. Would you mind to come to my birthday party Tinoght?
Enni : Oh, I’d love to come. Where will the party be held ?
Zindah : at Garing’s cafe at 8 p.m.
Enni : Okay. Who will you invite?
Zindah: I invite my classmates and some friends from our piano course. I invite your crush, Tino, too.
Enni : Haha. Yeah, I hope he will come to your birthday party.
Zindah: Yeah, it would be nice if you can go together with him.
Enni : May be I’ll ask him later.
Zindah: Okay, good luck!
Enni : Yeah, wish your party will be great and fun. See you!

Artinya
Zindah: Sore, sayang teman baik!
Enni: Selamat siang. Mengapa Apakah Anda sangat bahagia?
Zindah: Tidak tahukah kamu, hari ini adalah ulang tahun saya.
Enni: benar-benar? Oh, Selamat ulang tahun
Zindah: Ya, terima kasih. Apakah Anda keberatan untuk datang ke pesta ulang tahun saya Tinoght?
Enni: Oh, aku akan senang untuk datang. Mana pesta diadakan?
Zindah: Di Garing's café pukul 20: 00
Enni: Oke. Yang akan Anda mengundang?
Zindah: saya mengundang teman sekelas saya dan beberapa teman dari kursus kami piano. Saya mengundang Anda crush, Tino, terlalu.
Enni: Haha. Ya, saya berharap ia akan datang untuk pesta ulang tahun Anda.
Zindah: Ya, itu akan menyenangkan jika Anda bisa pergi bersama dengan dia.
Enni: Mungkin aku akan bertanya kepadanya kemudian.
Zindah: Oke, semoga sukses!
Enni: Ya, berharap Partai akan menjadi besar dan menyenangkan. Sampai ketemu!

Percakapan Invitation 5
Enni : Hi Tino. Do you get a birthday invitation from Zindah?
Tino : Yeah, the party will be held Tinoght, right?
Enni : How about going there together after piano course?
Tino : Why not! What are you going to give to Zindah?
Enni : Hhmm, I think it will be great to give her a surprise.
Tino : Hhmmm, how about playing One Day song in her birthday?
Enni : What a great idea! That’s one of her favorite song.
Tino: Yeah, let’s practice for Tinoght’s show.
Enni : But we have to wait until Zindah go home. Oh look, she’s already picked up by her driver.
Tino: Let’s go come to the class!

Artinya
Enni: Hi Tino. Anda mendapatkan undangan ulang tahun dari Zindah?
Tino: Ya, pesta akan diselenggarakan Tinoght, kanan?
Enni: bagaimana pergi ke sana bersama-sama setelah piano kursus?
Tino: Mengapa tidak! Apa yang akan memberikan kepada Zindah?
Enni: Hhmm, saya pikir ini akan menjadi besar untuk memberinya kejutan.
Tino: Hhmmm, bagaimana kalau bermain lagu satu hari di hari ulang tahunnya?
Enni: Apa ide bagus! Itu adalah salah satu lagu favorit nya.
Tino: Ya, mari kita berlatih untuk acara Tinoght's.
Enni: Tetapi kita harus menunggu sampai Zindah pulang. Oh, lihat, ia sudah dijemput oleh driver nya.
Tino: Mari kita datang ke kelas!

Percakapan Invitation 6
Mandhu: This party is going to be the best ever! I am so glad you came to visit in time to celebrate the New Year with me, Phonny.
Phonny: Thank you for inviting me. I get to celebrate two New Years this year then. My parents asked me to come back home to celebrate the Vietnamese New Year with them, but that is not until February 7th.
Mandhu: Oh, that is right! You and I celebrate New Years at different times! Although the date of the Vietnamese New Year depends on when the new moon rises, Americans celebrate the New Year precisely on January 1st, regardless of whatever phase the moon is currently in.
Phonny: Why are you having the party tonight? Why not wait until tomorrow?
Mandhu: Well, don’t you stay up the night before waiting for New Years to start? I remember you telling me awhile ago that you would stay up the night, waiting to set off fireworks with your friends when midnight finally arrives.
Phonny: Yes, we do stay up the night before. It is called Dem Giao Thua.
Mandhu: Exactly! So your Dem Giao Thua celebration is exactly like my New Year’s Eve party. Although the party will not be as big as the one in New York, we will still be counting down to midnight.
Phonny: How do you know about a party in New York if you live in California? Were you invited to the party?
Mandhu: No, I was not invited to the party exactly. I know about the celebration in New York because it is broadcasted on TV every year. And, everyone is welcome to attend; it is not an exclusive party like the one I am throwing tonight.
Phonny: This party is shown on television? What is so special about it?
Mandhu: Well, it is quite a big celebration. Everyone gathers at a traffic intersection in New York called Times Square to watch various musical artists perform as they wait for midnight to come. But everyone’s attention is mainly focused on the Ball. Phonny: The ball?
Mandhu: Yes, there is a very tall pole that stands upright on top of a building overlooking Times Square and at the very last minute before midnight, a large ball slowly slides down the pole. The Ball is made of crystal and electric lights and signifies the New Year. When the Ball reaches the bottom of the pole precisely at midnight, everyone celebrates the arrival of the New Year. 
Phonny: Wow, that all sounds so exciting! I wish I could see the Ball drop. Perhaps I should have gone to New York instead of coming to California to visit you.
Mandhu: Well!
Phonny: I am just teasing you, Mandhu. I would rather celebrate this New Year with you than a bunch of strangers in New York.
Mandhu: Well, I am glad to celebrate New Year with you too, Phonny. And if you really want to see the Ball drop, it is always televised remember? I was planning on turning the TV on before the countdown begins. We can all count down the last minute of this year and watch the Ball drop together.Phonny: Awesome! Your New Year customs are so fascinating. I am glad to be here at the right time.

Artinya
Mandhu: Partai ini akan menjadi yang terbaik pernah! Saya sangat senang Anda datang untuk mengunjungi dalam waktu untuk merayakan tahun baru dengan saya, Phonny.
Phonny: Terima kasih telah mengundang saya. Saya mendapatkan untuk merayakan tahun baru dua tahun ini kemudian. Orang tua saya meminta saya untuk datang kembali pulang untuk merayakan tahun baru Vietnam dengan mereka, tapi itu tidak sampai Februari 7.
Mandhu: Oh, itu benar! Anda dan saya merayakan tahun baru pada waktu yang berbeda! Meskipun tanggal dari tahun baru Vietnam tergantung pada saat bulan baru naik, Amerika merayakan tahun baru tepatnya pada tanggal 1 Januari, terlepas dari apa pun fase bulan saat ini dalam.
Phonny: Mengapa Anda memiliki pesta malam ini? Mengapa tidak menunggu sampai besok?
Mandhu: Nah, jangan Anda tinggal sampai malam sebelum menunggu tahun baru untuk memulai? Saya ingat Anda memberitahu saya beberapa waktu lalu bahwa Anda akan tetap sampai malam, menunggu untuk berangkat kembang api dengan teman-teman Anda ketika tengah malam akhirnya tiba.
Phonny: Ya, kami tetap up malam sebelumnya. Hal ini disebut Dem Giao Thua.
Mandhu: persis! Jadi Anda Dem Giao Thua perayaan adalah persis seperti pesta malam tahun baru saya. Meskipun partai tidak akan sebagai besar sebagai salah satu di New York, kita akan masih dapat menghitung mundur sampai tengah malam.
Phonny: Bagaimana Anda tahu tentang pesta di New York jika Anda tinggal di California? Anda diundang ke pesta?
Mandhu: Tidak, saya tidak diundang ke pesta persis. Aku tahu tentang perayaan di New York karena itu disiarkan di TV setiap tahun. Dan, setiap orang dipersilahkan datang untuk menghadiri; itu bukanlah sebuah partai yang eksklusif seperti yang aku melemparkan malam ini.
Phonny: Partai ini ditampilkan di televisi? Apa begitu Spesial tentang hal itu?
Mandhu: Yah, itu adalah perayaan yang cukup besar. Semua orang berkumpul di persimpangan lalu lintas di New York Times Square untuk menonton berbagai artis musik yang melakukan seperti yang mereka menunggu tengah malam datang yang disebut. Tapi perhatian terutama difokuskan pada bola. Phonny: Bola?
Mandhu: Ya, ada adalah sangat tinggi tiang yang berdiri tegak di atas sebuah bangunan menghadap ke Times Square dan di menit terakhir sebelum tengah malam, bola besar perlahan-lahan meluncur turun tiang. Bola terbuat dari kristal dan lampu listrik dan menandakan tahun baru. Ketika bola mencapai bagian bawah tiang tepatnya di tengah malam, setiap orang merayakan kedatangan tahun baru.
Phonny: Wow, itu semua terdengar sangat menarik! Aku berharap aku bisa melihat acara Ball drop. Mungkin aku seharusnya pergi ke New York datang ke California untuk mengunjungi Anda.
Mandhu: baik!
Phonny: Aku hanya menggoda Anda, Mandhu. Saya suka akan merayakan tahun baru dengan Anda dari sekelompok orang asing di New York.
Mandhu: Yah, aku senang merayakan tahun baru dengan Anda juga, Phonny. Dan jika Anda benar-benar ingin melihat acara Ball drop, itu adalah selalu televisi ingat? Saya berencana menyalakan TV sebelum hitung mundur dimulai. Kami bisa semua menghitung mundur menit terakhir tahun ini dan menonton acara Ball drop bersama-sama. Phonny: Awesome! Pabean tahun baru Anda begitu menarik. Saya senang berada di sini pada waktu yang tepat.

Agar lebih mudah diingat ketika sedang berlatih menolak undangan dengan bahasa Inggris, frasa dan kalimat Invitation apa saja yang sering dipakai, perhatikan video learning pembelajaran materi Making an Invitation, Declining Invitation, dan Accepting Invitationdibawah ini!

Begitula meteri lengkap cara berbicara undangan dalam bahasa Inggris. speaking invitation menjadi salah satu topik wajib yang harus dipelajari hususnya di kelas x maka akan lebih baik kalau kemudian sejak awal dipelajari agar proses pembeljaran bahasa Inggris di sekolah menengah menjadi lebih lancar. Happy learning and speaking English! ----/