Sebaiknya murid di kelas diijinkan membawa air.


 Sudah banyak artikel yang ditulis mengenai manfaat air bagi kesehatan. Dan banyak pula pembahasan mengenai pentingnya air segar bagi kecerdasan. Dan saya akan membahasnya lagi di sini untuk melengkapi pembahasan lain di blog ini, karena secara fokus blog ini berisi pelajaran bahasa inggris, tetapi di lingkup yang lebih luas juga berbicara tentang proses pembelajaran. Dan unsur kesehatan juga berpengaruh secara signifikan terhadap proses belajar.

Selain nutrisi, air ternyata mempunyai pengaruh besar bagi otak. Sebagian besar otak terdiri dari cairan demikian juga seluruh tubuh kita. Hubungan antar neuron yang terjadi di otak juga melibatkan unsur cairan.

Setiap hari otak kita membentuk saluran-saluran baru akibat proses berpikir, proses ini melibatkan pembelahan sel-sel dalam jumlah cukup banyak. Saluran-saluran yang baru akan membentuk jalur-jalur kecerdasan baru baik berupa pengetahuan atau ketrampilan.


Dalam penelitian yang disebut neuro genesis, memang otak akan berhenti berkembang dan jumlah sel akan menurun ketika menginjak usia tertentu, tetapi dalam penelitian tersebut terbukti bahwa pembentukan jalur-jalur kecerdasan tidak berhenti sampai usia berapa pun, asal otak terus diaktifkan dengan kegiatan belajar dan kegiatan spiritual seperti berdoa dan bermeditasi. Dan dalam semuanya itu unsur air juga berperanan.

Pada saat seseorang mengantuk di kelas atau di ruang kuliah / seminar, seringkali bisa segar kembali setelah meneguk segelas atau sebotol air segar. Oleh sebab itu dalam rangka meningkatkan kemampuan belajar, jangan segan-segan untuk banyak meminum air segar.

Dan sebaiknya murid-murid yang belajar dalam kelas di sekolah-sekolah juga diijinkan untuk membawa air segar ke dalam kelas, memang ada resiko untuk kelas-kelas setingkat kelas 1-4 SD, saya ingat dulu kami sering bermain lempar-lemparan kertas / penghapus karet dan pensil di dalam kelas, jika ada air - akan memunculkan ide yang yang lebih dahsyat : saling siram dalam kelas ......hahahaha....Hal ini mungkin perlu dipikirkan solusinya, mungkin disediakan satu galon air di depan kelas, sehingga jika ada murid yang mulai kehilangan konsentrasi karena cairan elektrolit di otak mulai mengering bisa segera disuruh minum. Perlu diperhitungkan juga resiko peningkatan frekuensi murid untuk ijin ke toilet.Tetapi mengingat manfaat yang lebih besar untuk proses belajar, sebaiknya hal ini mulai dipikirkan.

-->



----/