Begini contoh kalimat ajakan atau kalimat permintaan dalam bahasa Inggris dan artinya yang benar

Pada pelajaran kali ini saya akan menjelaskan tentang contoh kalimat ajakan atau kalimat permintaan dalam bahasa Inggris dan artinya.

Saya juga akan menambahkan penjelasan tentang contoh kalimat jawaban atau respon dari ajakan seseorang.

Sebelum menampilkan contoh kalimat dan artinya, ada baiknya saya menjelaskan terlebih dahulu kata dasar ajak dan turunannya dalam bahasa Inggris beserta artinya.

contoh polite request - ajakan atau permintaan yang formal
Contoh kalimat ajakan/permintaan yang formal dan sopan dalam bahasa Inggris


Kata ajak dalam bahasa Inggris beserta kata turunannya

Kata ajak

Ajak dalam bahasa Indonesia berarti mengajak. Bisa juga meminta, contohnya meminta seseorang datang (mengundang), meminta seseorang berbuat sesuatu (menyuruh), dan seterusnya.

- Mengajak bahasa Inggrisnya = invite; ask; urge.

Contoh kata mengajak dalam kalimat: 

Budi mengajak saya pergi dengannya.
Bahasa Inggrisnya adalah = Budi invites me to go with him. 

Bapak saya mengajak saya untuk belajar dengan keras.
My father urges me to study hard.


Kata ajakan

Ajakan dalam bahasa Inggris adalah invitation.

Contoh kata ajakan dalam kalimat:

Saya menerima ajakannya.
I accepted his invitation.

informal request - permintaan atau ajakan yang informal
Contoh kalimat ajakan/permintaan yang informal dalam bahasa Inggris

Contoh kalimat ajakan dalam bahasa Inggris beserta artinya

Di sini saya akan langsung menuliskan contoh kalimat tanpa didahului oleh teori tata bahasa (grammar), karena yang saya fokuskan di sini adalah contoh kalimat dan artinya bukan teorinya.

Contoh ajakan untuk mengundang makan

Would you like to have a lunch with me?
Apakah kamu mau makan makan siang bersamaku?

Contoh ajakan untuk menyuruh seseorang melakukan sesuatu

I would like you to do your homework.
Saya suka jika kamu mengerjakan PR.

Contoh ajakan untuk datang ke pesta ulang-tahun

I'd like to invite you to come to my birthday party.
Saya mengundangmu untuk datang ke pesta ulangtahunku.

Contoh ajakan menggunakan kalimat negatif

Why don't you play with me?
Mengapa kamu tidak main bersamaku?

Contoh ajakan menggunakan kalimat tanya

- Like to come for dinner?
Mau datang untuk makan malam?

- Would you be interested to coming here?
Apakah kamu tertarik untuk datang kesini?

Contoh kalimat untuk mengundang kedatangan seseorang secara formal

- Please join us to celebrate my birthday.
Mohon kedatangannya untuk merayakan ulangtahunku.

- I request the honor of your presence at my wedding.
Saya mengharapkan kedatanganmu di pesta pernikahanku.

Contoh kalimat permintaan/ajakan dan contoh menjawabnya

Contoh negative response (tidak memenuhi ajakan/permintaan/undangan)

A: Would you like to play together?
B: I'm sorry, but I can't.

Artinya:
A: Maukah kamu bermain bersama?
B: Maaf, saya tidak bisa.

contoh negative responses atau negative answer

Contoh positive response (memenuhi ajakan/permintaan/undangan)

A: Would you like to play together?
B: Yes, that sounds good.

Artinya:
A: Mau bermain bersama?
B: Iya, kedengarannya bagus.

contoh positive answer atau positive responses

Contoh kalimat permintaan dengan could

Could you work with me?
Dapatkah kamu bekerja denganku?

Contoh kalimat permintaan/ajakan dengan would

Would you please talk slowly?
Mohon berbicara dengan pelan atau bisakah kamu berbicara pelan.

Contoh kalimat permintaan yang sopan dengan would you mind 

Would you mind bringing me my pen?
Apakah kamu keberatan membawakan saya bulpen saya?
atau
Tolong bawakan bulpen saya.

Contoh kalimat permintaan dengan kata will

Will you let me follow you?
Apakah kamu mengizinkan saya mengikutimu?


Ajakan/permintaan yang formal dan yang informal

Contoh ajakan atau permintaan yang formal

Biasanya dengan kata:

- could
- ada tambahan kata please
- untuk permintaan yang sopan dengan kata: would you mind

=> Could you please open the door?
      Tolong bukakan pintu

Contoh Ajakan/permintaan yang informal

Menggunakan kata:

- can
- will

=> Can I borrow you book?
     Dapatkah saya pinjam bukumu?

Contoh merespon ajakan atau permintaan

Di bawah ini adalah contoh kata/kalimat respon:

- Would you help me?

Jawaban/respon yang menyetujui atau menerima ajakan/permintaan

- Of course I will help you.
- Sure I will help you.
- Certainly I will help you.
- No problem, I will help you.

Jawaban/respon yang menolak ajakan/permintaan:

- I am sorry, I can't. I am busy

Catatan khusus tentang jawaban permintaan yang menggunakan would you mind

Ingat, bahwa jika ada orang yang menjawab "not at all" setelah kalimat would you mind, maka itu artinya adalah positive response (menyetujui ajakan/menerima permintaan).

Contoh:

A: Would you mind reading a book for me?

B: Not at all!

artinya

A: Dapatkah kamu membacakan sebuah buku untuk ku? (atau apakah kamu keberatan jika membacakan sebuah buku untukku?)
B: iya (atau tidak keberatan)

Jawaban yang lebih panjang adalah I don't mind at all yang artinya "saya tidak keberatan sama sekali"

Atau variasi jawaban lainnya bisa juga seperti : OK. I'll do it yang artinya OK. Saya lakukan itu.


Itulah contoh kalimat ajakan dan permintaan beserta jawaban atau responnya. Selamat mempraktekkanya dalam keseharian. Ingatlah, ilmu kalau tidak dipraktekkan akan mudah lupa. Jadi praktekkan ya, dan jangan lupa sharing dan sebarkan artikel ini kepada teman-teman lainnya.

----/