6 Alasan kenapa gak lulus SBMPTN bukan akhir dunia


Baru aja berhasil melewati Ujian Akhir Nasional (UAN) eh masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 yang siap menunggu kamu di depan mata. Ujian yang konon katanya gak kalah serem dengan UAN ini, sering dianggap sebagai penentu kehidupan masa depan seseorang. Dengan kata lain kalo gak lulus ujian ini berarti tandanya dunia berakhir. Padahal sebenernya masih ada alasan yang membantah anggapan itu kayak berikut.

1. Masih Ada Seleksi Mandiri

{source name="Seleksi Mandiri" url="www.zenius.net"}
Seleksi Mandiri via zenius.net
Mungkin kamu lupa, SBMPTN itu bukan satu-satunya jalur buat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Berdasarkan Permenristek Dikti Nomor 2 Tahun 2015 kamu masih punya satu jalur lagi, namanya Ujian Seleksi Mandiri. Seleksi ini diadakan dan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi tersebut. Nah, biar peraturan yang udah dibuat pemerintah ini jadi gak sia-sia, kamu harus coba jalur ini.  Sekaligus juga biar kamu gak berpikir kalo hidup kamu udah selesai aja.

2. Bisa Ikut Lagi Tahun Depan

{source name="Tahun Baru Harapan Baru" url="www.ramalan-bintang.com"}
Tahun Baru Harapan Baru via ramalan-bintang.com
Gak lulus tahun ini bukan akhir dunia, karena kamu masih punya kesempatan buat ikut lagi di tahun depan dan tahun depannya lagi. Alias punya dua kali kesempatan. Malah dengan kamu gak lulus tahun ini, kamu bisa belajar du kali buat persiapan tahun depan. Misalnya belajar bareng sama adek-adekan kamu. Dan pastinya tahun baru harapan baru dong.

3. Ada Kampus Swasta

{source name="Kampus Swasta" url="www.kaskus.co.id"}
Kampus Swasta via kaskus.co.id
Mungkin kalo kamu hidup di jaman dulu, kamu boleh deh gigit jari kalo gak lulus tes masuk PTN, karena belum banyak pilihan universitas di Indonesia. Kalo sekarang mah udah banyak kampus swasta yang kualitasnya gak kalah bagus sama perguruan tinggi negeri. Udah gitu peluang kamu lolos seleksinya juga lebih besar selama kamu bisa bayar biaya gedung dan kuliahnya aja.

4. Kuliah di Luar Negeri

{source name="Kuliah di Luar Negeri" url="www.okezone.com"}
Kuliah di Luar Negeri via okezone.com
Ini juga hikmah yang bisa kamu dapet kalo kamu gak lolos SBMPTN. Kamu bisa ada alasan buat minta orangtua biayain kamu kuliah di luar negeri. Enak banget kan bisa menuntut ilmu sambil menjelajah di negeri orang. Ya, tapi ya gitu selama kamu bisa bayar biaya kuliahnya dan hidup di sananya aja.

5. Bisa Lebih Fokus di Karir

{source name="Fokus di karir" url="www.patglennproductions.com"}
Fokus di karir via patglennproductions.com
Biasanya kan motivasi orang buat kuliah adalah biar bisa dapet kerja. Nah, buat kamu yang udah punya karir gitu justru dengan gak lulus ujian kamu jadi bisa lebih fokus di karir dulu. Misalnya, karir kamu di dunia entertainment.

  
6. SBMPTN Jelas-Jelas Gak Termasuk di Dalam Tanda-tanda Kiamat

{source name="Tanda-Tanda Kiamat" url="www.imgkid.com"}
Tanda-Tanda Kiamat via imgkid.com
Kenapa kamu maksa-maksa biar kiamat terjadi saat kamu gak lulus SBMPTN? Padahal itu gak ada di dalam teori tanda-tanda kiamat.
Aaaaakkkkkkk!!!
Kamu paling percaya sama alasan yang mana?
*featured image: http://i.huffpost.com/gen/1605037/images/o-STRESSED-TEEN-facebook.jpg
----/