Pengertian dan contoh dialog agreeing disagree

Kali ini kita akan membahas mengenai ungkapan setuju dan tidak setuju dalam Bahasa Inggris. Ungkapan setuju atau biasa dikenal dengan expression of agreement digunakan untuk menyatakan kesetujuan terhadap suatu opini, ajakan, atau fakta. Misalnya dalam sebuah rapat menjelang acara hari kemerdekaan Indonesia, ada anggota yang mengatakan bahwa sebaiknya dilakukan acara balap karung. Jika setuju dengan usulan tersebut, maka tentulah akan meresponnya dengan ungkapan setuju atau expression of agreement. Sebaliknya, jika usulan balap karung dinilai kurang efektif, maka tentulah akan menolak atau tidak setuju dengan usulan tersebut dan akan memberikan respon berupa ungkapan ketidaksetujuan. Berikut beberapa contoh ungkapan dari expression of agreement and expression of dissagrement beserta artinya:
cats

Contoh Expression of agreement/Ungkapan setuju:

  • I agree with your opinion. Saya setuju dengan pendapatmu.
  • I am on your side. Saya ada dipihakmu.
  • I can go along with that. Saya setuju dengan itu.
  • I think so. Kupikir begitu.
  • I am with you. Aku setuju padamu.
  • I like your idea. Aku suka idemu.

Expression of disagreement/Ungkapan ketidaksetujuan:

  • I disagree with you. Aku tidak setuju denganmu.
  • I am not with you. Aku tidak dipihakmu.
  • I can’t go along with that. Aku tidak setuju dengan itu.
  • I don’t think so. Aku pikir tidak demikian.
  • No, I don’t like the idea. Tidak, aku tidak setuju dengan ide itu.

Contoh penggunaan ungkapan setuju dan tidak setuju dalam bentuk dialog beserta artinya

Arga    : What should we give to Ara on her birthday?
Apa yang sebaiknya kita berikan ke Ara di hari ulangtahunnya?Should we give her doll?
Haruskah kita memberinya boneka?
Vira     : I don’t think so. She prefers boys’ activities, right?
Kupikir tidak. Dia tomboy, kan?
Arga    : Umm… What do you think if we buy her a skateboard?
Umm… Bagaimana kalau kita membelikannya sebuah papan luncur/skate?
Vira     : I agree with you. I think she will be happy to get it.
Aku setuju denganmu. Kupikir dia akan sendang mendapatkannya.
Arga    : Do you think we can go to the shop on Sunday?
Apa menurutmu kita bisa pergi ke toko hari minggu?
Vira     : I like your idea. Okay! We will look for a skateboard on Sunday.
Aku suka idemu. Oke! Kita akan mencari papan seluncur/skate hari minggu.Anyway, what do you think if we ought to go to the shop by driving your car?
Ngomong-ngomong, apa kamu fikir kita sebaiknya pergi ke tokonya dengan
mengendarai mobilmu?
Arga    : I disagree with you. It will better if we use public transportation. It will be faster. I
am afraid if we are trapped on occlusion if I drive my car.
Aku tidak setuju denganmu. Lebih baik kita menggunakan angkutan umum. Itu akan
lebih cepat. Aku takut nanti kita akan terjebak dalam keadaan macet kalau aku harus
mengendarai mobilku.
Vira     : Umm… Well, I am with you then. See you later!
Umm… Baiklah, aku setuju denganmu. Sampai ketemu lagi.
Arga    : See you too.
Sampai ketemu juga.



Demikianlah mengenai ungkapan setuju dan tidak setuju. Sampai bertemu kembali pada pembahasan selanjutnya. Salam semangat selalu!!

http://www.bahasainggrisoke.com/expression-of-agreement-and-disagreement-ungkapan-setuju-dan-tidak-setuju/
----/