Contoh Cara Menyuruh / Meminta yang Sopan dalam Bahasa Inggris

Halo apa kabar Sobat BI? semoga baik-baik saja. Kali ini kita akan belajar cara menyuruh dalam bahasa Inggris, tentunya dengan cara yang sopan. Dalam percakapan sehari-hari, kita mungkin harus menyuruh atau meminta tolong pada seseorang. Akan tetapi, jika melakukannya dengan orang yang baru dikenal atau dihormati, kita tentunya harus menggunakan bahasa sopan. Tutorial ini akan mengajarkan Sobat cara menyuruh atau meminta dalam bahasa Inggris, baik yang positif maupun yang negatif (menyuruh untuk TIDAK melakukan sesuatu).

Cara Menyuruh dalam Bahasa Inggris dengan Could dan Would

Dalam bahasa manapun, termasuk bahasa Inggris, kita tentu harus mengenal tata karma berbicara, termasuk ketika menyuruh atau meminta tolong pada seseorang. Ada beberapa cara menyuruh dalam bahasa Inggris agar terdengar sopan. Salah satunya, kita bisa menggunakan kalimat tanya dengan menggunakan could atau would. Kedua kata ini digunakan untuk memodifikasi kalimat perintah biasa, sehingga terdengar lebih halus dan tidak terlalu tandas. Coba lihat contoh berikut ini:
  • Could you close the door?
    Bisakah Anda menutup pintu?
  • Could you be quiet?
    Bisakah Anda tenang?
Kalimat di atas terdengar lebih sopan daripada jika Sobat sekadar berkata begini:
  • Close the door.
    Tutup pintu(nya).
  • Be quiet.
    Diamlah.
Kalimat kedua sebenarnya tidak salah, dan bisa digunakan untuk menyuruh atau meminta tolong pada orang lain juga. Akan tetapi, kalimat yang menggunakan kata could terdengar jauh lebih sopan dan menghormati, sementara kalimat kedua terdengar lebih tandas dan kurang cocok untuk orang yang baru dikenal atau orang lebih tua. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan kata would, seperti contoh berikut:
  • Would you bring this gift to my mother? 
    Bisakah Anda bawakan hadiah ini untuk ibu saya?
Kalimat ini jauh lebih sopan dan halus dibandingkan dengan yang seperti ini:
  • Bring this gift to my mother.
    Bawakan hadiah ini untuk ibu saya.
Kalimat pertama adalah cara menyuruh yang sopan, sedangkan kalimat kedua lebih tandas. Jika Sobat perhatikan, bentuk kalimat perintahnya tetap sama, namun hanya ditambah kata “could you” dan “would you.” Kedua kata ini memang sekadar ditambahkan untuk memodifikasi, namun efek yang ditimbulkan akan berbeda.
Jika ingin mencoba membuat kalimat sendiri, Sobat bisa menggunakan rumus ini:
Could/would + Subject (orang yang diperintah) + Verb (kata kerja/predikat) + Object (obyek) atau Adverb (keterangan)
Jika ingin menggunakan to be, Sobat bisa menggunakan rumus ini:
Could/would + Subject (orang yang diperintah) + Adjective (kata sifat) atau Noun (kata benda) + Object (obyek) atau Adverb (keterangan)

Cara Menyuruh dalam Bahasa Inggris dengan Please

Selain could dan would, kita juga bisa menggunakan please untuk memberi kesan sopan dalam kalimat perintah. Caranya jauh lebih sederhana; cukup dengan menambahkan kata please di depan kalimat perintah biasa. Misalnya:
  • Please close the door.
    Tolong tutup pintunya.
  • Please bring this gift to my mother.
    Tolong bawakan hadiah ini untuk ibu saya.
  • Please be quiet.
    Tolong tenang.
  • Please be a good boy.
    Tolong jadi anak baik.
Jelas, bukan? Kita menggunakan kalimat perintah yang sama dengan bagian sebelumnya, tetapi dengan menambahkan please di depannya, kalimat tersebut terdengar lebih sopan. Akan tetapi, jika tingkat kesopanannya dibandingkan, kalimat permintaan yang menggunakan could dan would seperti di bagian sebelumnya biasanya dianggap lebih sopan dibandingkan dengan yang menggunakan please.
Jika ingin membuat kalimat sendiri, Sobat bisa menggunakan rumus ini:
Please + Verb (kata kerja) + Object (obyek) + Adverb (keterangan)
Jika menggunakan to be (seperti di contoh ketiga dan keempat), silakan gunakan rumus ini:
Please + Be + Adjective (kata sifat) atau Noun (kata benda)

Cara Melarang dalam Bahasa Inggris dengan Sopan

Dalam belajar bahasa Inggris, kita tidak hanya memelajari kalimat positif. Kita mungkin harus menggunakan kata-kata larangan, tetapi bagaimana caranya mengucapkan larangan secara sopan? Kita bisa menggunakan could dan please, tetapi dengan menyelipkan not serta don’t di dalam kalimatnya.
Contoh yang menggunakan could:
  • Could you not close the door?
    Bisakah kau jangan tutup pintunya?
  • Could you not open the window?
    Bisakah kau jangan buka jendela?
  • Could you not be lazy?
    Bisa tidak jangan malas?
Sedangkan contoh yang menggunakan please cenderung lebih tandas:
  • Please don’t close the door.
  • Please don’t open the window.
  • Please don’t be lazy.
Jika ingin membuat kalimat sendiri, Sobat bisa menggunakan rumus ini:
Could + Subject (subyek yang diperintah) + Not + Verb (Kata kerja) + Object (obyek) atau Adverb (keterangan)
Please + don’t + Verb (kata kerja) + Object/Adverb
Dalam bahasa Inggris, kita juga harus mengenal tata karma, terutama ketika meminta tolong, memerintah atau melarang orang lain. Memodifikasi kalimat perintah dengan kata sederhana seperti could, would dan please dapat membuat perbedaan ketika Sobat berinteraksi dengan orang lain. Mengetahui cara menyuruh dalam bahasa Inggris yang sopan akan sangat membantu ketika Sobat perlu bantuan dari orang lain.
- See more at: http://carabisabahasainggris.com/cara-menyuruh-atau-meminta-yang-sopan-dalam-bahasa-inggris#sthash.zDHTtynb.dpuf ----/