Penjelasan Paling Lengkap & Contoh Explanation Text

Apa itu Explanation Text? Pernakah pertanyaan ini hadir di mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah kalian? Ya Explanation Text secara harfiah yakni; explanation adalah sebuah penjelasan tentang suatu hal. Sedangkan text adalah suatu kumpulan kalimat yang membentuk suatu naskah yang berupa asli dari si penulis.
123 Explanation Text: Penjelasan Paling Lengkap & Contoh
123 Explanation Text: Penjelasan Paling Lengkap & Contoh
  • Pengertian Explanation Text

Sebuah teks yang berisikan tentang proses-proses yang berkaitan dengan suatu fenomena-fenomena alam, ilmu pengetahuan, social, serta budaya merupakanExplanation Text. Dari kata Explanation, dapat dilihat bahwa suatu penjelasan berasal berisi What, Where, When, Why,Who and How atau (5W 1H). Namun lebih ditekankan pada Why and How nya.
  • Tujuan Explanation Text

Tujuan dibuatnya Explanation Text adalah untuk menerangkan proses-proses dalam suatu pembentukan maupun suatu kegiatan yang terkait dari fenomena alam, ilmu pengetahuan, budaya, social.
  • Struktur

Explanation Text memiliki 3 struktur kebahasaan:
  1. General Statement

Berisi tentang penjelasan secara umum tentang hal yang akan dibahas.
  1. A Squenced of Explanation

Berisi tentang penjelasan dari suatu proses yang terjadi ataupun yang tercipta. Di bagian inilah letak jawaban dari pertanyaan How and Why ketika penulis menulis teks. Bagian ini bias terdiri dari 1 paragraf atau lebih. Tahukah anda closing bukanlah merupakan struktur kebahasaan Explanation Text.
Closing yang sering dianggap orang awam hingga saat ini merupakan bagian dari ASquenced of Explanation. Hanya saja letaknnya di akhir(paragraph terakhir).
  • Ciri-Ciri Explanation Text

-Menggunakan Passive voice
-Menggunakan Abstract Noun
-Serta menggunakan Action verbs
  • Contoh

How’s paper made?

General Statement

Woodchipping is a processing of obtaining pulp and product of paper from trees. The Trees are from forest and using selected cut down from it called a coupe.
(Woodchipping adalah suatu proses dalam memperoleh bubur kertas dan kertas yang berasal dari pohon. Pohon-pohon itu berasal dari hutan dan menggunakan tebang pilih dari pohon-pohon yang ada di hutan yang disebut coupe.)

A Squence of Explanation

Then the branches of the trees will be cut and taken to the mill. The logs’ bark will be removed from it and it will be taken to the chipper. Cut them into small pieces. The small pieces of it or called woodchips are screened in purpose to removed the dirt and others impurities.
After this stage, we can directly export this pieces or we can continue to next step in making paper by chemicals and heat (To whitening and removed from water content).
Arti:
Lalu cabang-cabang dari pohon tersebut dipotong dan dibawa ke tempat pabrik penggilingan. Kulit-kulit kayu tersebut dihilangkan dan selanjutnya dibawa ke mesin pemotong kayu. Potong kayu tersebut menjadi potongan-potongan kecil. Dan bagian itu (woodchips) disaring dengan maksud untuk menghilangkan kotoran dan benda-benda lainnya.
Setelah tahap ini, kita dapat langsung mengekspor nya atau kita lanjut ke tahap selanjutnya yakni membuat kertas dengan bahan kimia dan panas tertentu (untuk memutihkan dan mengurangi kadar air yang terkandung).
And finally, the pulp which is madeinto paper, roll out and cut as the size.
Arti:
Dan akhirnya, bubur kerta yang telah dibuat menjadi kertas, digulung dan dipotong sesuai ukuran.
----/