Personal Pronouns, Possessive Pronouns, Reflexive Pronouns

Bahasa Inggris Dasar - Dalam pelajaran kali ini saya akan menjelasakan tentang  personal pronouns, possessive pronouns, reflexive pronouns. Sebelum mempelajari lebih lanjut, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pronoun. Pronoun adalah kata ganti yang digunakan sebagai penyebutan pengganti nama. Pronoun bisa digunakan baik sebagai kata ganti orang maupun kata ganti benda.
Perhatikan contoh berikut :
1.      Ani is a student. She goes to school everyday. (She, adalah sebagai kata ganti Ani/orang)
2.      I have a wallet. It is expensive. (It adalah kata ganti dari wallet/benda)

Apakah sudah bisa dipahami? Jika sudah, mari kita lanjut untuk mengenal jenis – jenis pronoun dalam bahasa Inggris tersebut. Jika belum silahkan simak penjelasan dibawah ini.
Dalam bahasa Indonesia, pronoun juga digunakan. Seperti misalnya “dia, mereka, saya, kami, benda itu”. Semua itu adalah kata ganti tanpa menyebutkan nama seseorang atau nama bendanya. Dalam bahasa Inggris, hal ini disebut PRONOUN. Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa jenis jenis pronoun dalam bahasa Inggris itu ada tiga, yaitu personal pronouns, possessive pronouns, reflexive pronouns. Ketiga jenis pronoun tersebut akan saya bahas satu persatu.

1.      Personal Pronoun (Kata ganti nama orang)
Ada dua jenis penggunaan personal pronoun. Yaitu penggunaan personal pronoun sebagai subjek dan penggunaan personal pronoun sebagai objek.
a.       Penggunaan pronoun sebagai subjek.
Dalam penggunaan personal pronoun sebagai subjek, maka personal pronoun tersebut berperan sebagai pelaku atau yang melakukan tindakan.

Kata ganti orang ke
Singular (tunggal)
Plural (jamak)
I (satu)
I
We
II (dua)
You
You
III (tiga)
He, She, It
They

Example:
Sentence
Meaning
I eat banana
Saya memakan pisang
She goes to the market
Dia pergi ke supermarket
We play basketball
Kami bermain basket

Note: personal pronoun disini dikatakan sebagai subjek karena yang melakukan tindakan.

b.      Personal Pronoun sebagai objek.
Dalam penggunaan personal pronoun sebagai objek, maka personal pronoun tersebut berperan sebagai korban atau yang dikenai tindakan.

Kata ganti orang ke
Singular (tunggal)
Plural (jamak)
I (satu)
Me
Us
II (dua)
You
You
III (tiga)
Him, her, It
Them

Example:
Sentence
Meaning
Doni eat It
Doni memakan itu
Marina help me
Marina membantu saya
Mr Antonteaches us
Pak Anton mengajar kami

Apakah sudah jelas penjelasan saya? Jika belum anda boleh bertanya melalui pesan yang bisa anda tinggalkan dalam kotak komentar di bawah.
Keterangan tambahan.
Pronoun
Keterangan
I (saya)
Orang pertama tunggal (orang yang berbicara)
We  (kami)
Orang pertama jamak (Orang yang berbicara)
You (kamu/kalian)
Orang kedua tunggal/jamak (orang yang di ajak berbicara)
He (dia laki-laki)
Orang ketiga tunggal (Orang yang dibicarakan)
She (dia perempuan)
Orang ketiga tunggal (Orang yang dibicarakan)
It (ia, ini, itu)
Benda/binatang tunggal (yang dibicarakan)
They ( mereka)
Orang ketiga jamak (orang yang dibicarakan)


2.      Possessive pronoun (Kata ganti milik)
Possesive pronoun juga mempunyai dua fungsi atau kegunaan, yaitu sebagai kata sifat (As adjective) dan sebagai kanti ganti saja (As pronoun).
a.       Possessive pronoun sebagai kata sifat (as adjective)

My
Milik saya
Your
Milik kamu
His
Miliknya (laki laki)
Her
Miliknya (perempuan)
Their
Milik mereka
Our
Milik kami/kita
Its
Milik (binatang/benda)

Note: Jika pengguanaan possessive pronoun sebagai kata sifat, maka harus disertai dengan bendanya.


Example:
Sentence
Meaning
This is my car
Ini adalah mobil saya
That is your pen
Itu adalah pulpen anda/kamu
Her father gives me a book
Ayahnya member saya buku
Those are their books
Itu adalah bukunya

Note:
# My menjelaskan car
# Your menjelaskan pen
# Her menjelaskan father
#Their menjelaskan books

b.      Possessive pronoun sebagai kata ganti (as pronoun)

Mine
Milik saya
Yours
Milik kamu
His
Miliknya (laki laki)
Hers
Miliknya (perempuan)
Theirs
Milik mereka
Ours
Milik kami/kita
Its
Milik (binatang/benda)

Note: jika Possessive pronoun digunakan sebagai pronoun, maka tidak disertai dengan objek bendanya.

Example:
Sentence
Meaning
This car is mine
Mobil itu punyaku
That pen isyours
Pulpen itu punyamu
The house  is Hers
Rumah itu miliknya
Those books aretheirs
Buku itu miliknya

3.      Reflexive pronoun (Kata ganti diri sendiri).
Reflexive pronoun merupakan kata ganti yang digunakan untuk menyatakan perbuatan atau tindakan yang dilakukan sendiri atau tanpa campur tangan orang lain.

Myself
Saya sendiri
Yourself/ yourselves
Kamu sendiri/ Kalian sendiri
Himself
Dia sendiri
Herself
Dia sendiri
Theirselves
Mereka sendiri
Ourselve
Kami/Kita sendiri
Itself
Binatang/benda itu sendiri

Example:
Sentence
Meaning
I can do it myself
Saya dapat mengerjakannya sendiri
He washes the dress himself
Dia sendiri yang mencuci baju itu
They kill their friends theirselves
Mereka sendiri yang membunuh temannya

Ringkasan:
Personal pronoun
(Kata ganti orang)
Possessive pronoun
(Kata ganti milik)
Reflexive prnonoun
As Subject
(Sebagai subjek)
As Object
(Sebagai objek)
As Adjective
(Sebagai kt.sifat)
As Pronoun
(Sebagai kt.ganti)
I
Saya
Me
Saya
My
Milik saya
Mine
Milik saya
Myself
Saya sendiri
We
Kami/kita
Us
Kami/kita
Our
Milik kami/kita
Ours
Milik kami/kita
Ourselves
Kami/kita sendiri
You
Kamu/kalian
You
Kamu/kalian
Your
Milikmu/kalian
Yours
Milikmu/kalian
Yourselfe/ves
Kamu/kalian sendiri
She
Dia (pr)
Her
Dia (pr)
Her
Milknya (pr)
Hers
Milknya (pr)
Herself
Dia (pr) sendiri
He
Dia (lk)
Him
Dia (lk)
His
Miliknya (lk)
Him
Miliknya (lk)
Himself
Dia (lk) sendiri
It
Itu /benda
It
Itu /benda
Its
Milik benda
Its
Milik benda
Itself
Binatang/benda itu sendiri
They
meraka
Them
meraka
Their
Milik mereka
Their
Milik mereka
Theirselves
Mereka sendiri

~ The end ~

Demikian pelajaran tentang  personal pronouns, possessive pronouns, reflexive pronouns kali ini. Setelah anda membaca dan mempelajari materi semua diatas, saya berharap anda sudah memahami semua jenis jenis pronoun dalam bahasa Inggris tersebut dan mau segera mencoba menyusun kalimat sendiri. Dan yang terpenting adalah “jangan menunggu besuk”, karena materi-materi yang lain sudah pada ngantri. Heheheehe. Jika ada pertanyaan, mengenai apapun  dalam materi ini, silahkan anda tinggalkan pesan di kotak komentar di bawah.
Selamat belajar, semoga sukses…
“Good books are valuable than fine clothes”
----/