Permintaan maaf dalam bahasa Inggris (Apologize)

Percakapan bahasa inggris - Permintaan maaf (Apologize) Adalah ungkapan/ekspresi yang digunakan untuk meminta maaf dalam bahasa Inggris. Ungkapan/ekspresi meminta maaf dalam bahasa Inggris sangat banyak sekali variasinya. Dan setiap variasi mempunyai fungsi dan peran yang berbeda, tergantung situasi dan kondisi pembicaraan. Dengan adanya berbagai macam contoh yang saya paparkan, diharapkan anda akan lebih bervariatif dalam berbicara bahasa Inggris. Berikut contoh – contoh ungkapan/ekspresi meminta maaf dalam bahasa Inggris.
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Sorry!
Maaf!
I’m very sorry!
Aku sangat menyesal!
I’m terribly sorry!
Aku sungguh sangat menyesal!
I’m so sorry!
Maafkan saya!
I really beg your pardon!
Saya betul – betul minta maaf!
Excuse me, please!
Tolong maafkan saya
Please accept my apologize!
Tolong terima permintaan maaf saya
I must apologize for keeping you so long
Saya minta maaf karena telah membuat anda menunggu
I didn’t mean it that way
Saya tidak bermaksud demikian
I didn’t mean to hurt your feeling
Aku tidak bermaksut melukai perasaanmu/menyinggungmu
I’m sorry to hurt your feeling
Saya minta maaf telah menyinggung anda
Don’t sold me, please!
Tolong jangan mencaci maki saya
Don’t be angry with me!
Jangan marah kepada saya!
He asked to be excused!
Dia ingin dimaafkan
Don’t take it a  miss!
Jangan salah paham!
I’m sorry, I can’t comply with your wishes
Saya minta maaf saya tidak bisa memenuhi permintaan anda
I hope you will escused me
Saya harap anda mau memaafkan saya
I’m sorry, I can’t help it
Saya minta maaf, saya tidak bisa berbuat apa -apa
You must forgive me for my being late
Anda harus memaafkan keterlambatan saya
Excuse me for intruding on you
Maafkan saya karena menunggu anda
I think you misunderstood what I said
Saya kira anda salah paham dengan apa yang saya katakan
I assure you, it wasn’t my fault!
Saya kasih tau anda, itu bukan salah saya!
Please accept my apologize!
Terimalah permohonan maaf saya!
I’m sorry for nor recognizing you last night
Saya minta maaf karena tidak melihat anda tadi malam
I’m sorry for stepping your shoes
Saya minta maaf telah menginjak sepatu anda
I’m sorry for standing in your way
Saya minta maaf karena menghalangi jalan anda
I’m sorry, I didn’t do it on purpose
Maaf, saya tidak sengaja

Berikut beberapa contoh ungkapan/ekspresi meminta maaf bahasa Inggris dalam bentuk pertanyaan agar lebih sopan (Untuk meminta seseorang melakukan sesuatu/menyuruh orang/meminta izin).

Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Would you mind if I open the window?
Apakah anda keberatan jika saya membuka jendela?
Do you mind if I smoke?
Apakah anda keberatan jika saya merokok?
Excuse me, would you please make way, please?
Maaf, sudikah anda memberikan jalan kepada saya?
Ezcuse me, May I give you a hand?
Bolehkah saya menolong anda?
Will you marry me?
Maukah anda menikah denganku?
Excuse me, will you move aside?
Maaf, bisakah anda minggir?

Demikian contoh – contoh ungkapan/ekspresi meminta maaf dalam bahasa Inggris (Apologizing expression). Dan itu hanya beberapa contoh saja, kita bisa memodifikasi menggunakan pilihan kata – kata kita sendiri. Seperti contoh misalnya :
-          I’m sorry                                 (menjadi)         I’m sorry for my being late.
I’m sorry for interrupting you
-          Will you marry me?                 (menjadi)         Will you go with me?
Will you leave me alone, please?
Untuk bagaimana penggunaannya, Silahkan anda menyimak contoh dioalog/percakapan tentang meminta maaf dalam bahasa inggris dibawah ini.
Ega: Ira, do you know that you have an appointment for seeing me yesterday?
Ira: Oh My God, I really really forget about that.
Ega: No problem. But, do no ever do it again.
Ira: Sure, I will. I didn’t do it on purpose. I’m really sorry.

Gimana? Sudah paham kan? Ternyata meminta maaf dalam bahasa Inggris itu mudah, Apalagi kalo udah terbiasa. Coba anda buat percakapan sendiri, lalu praktekan dengan teman anda. Atau anda bisa acting di depan cermin untuk melatihnya. Trust me, It works!
Mari lanjut ke pelajaran selanjutnya tentang penyesalan dalam bahasa Inggris, Lewat sini ==> Regret

Selamat belajar, semoga sukses….
----/