News Item text

Kumpulan text bahasa Inggris – Apakah anda pernah melihat berita di televise atau di radio? Apa yang anda dapatkan dari mendengar berita tersebut? Ya, informasi penting tentang kejadian sehari – hari. Dalam pelajaran kali ini saya ingin menjelaskan tentang pengertian news item text, jenis jenis dan contohnya

Pengertian News Item text

News item text is a text that informs the readers about events of the day or what has happened. The events which are newsworthy or important for the reader. Jadi news item adalah jenis teks yang memberikan informasi kepada pembaca mengenai kejadian-kejadian/ peristiwa yang terjadi sehari-hari. Peristiwa sehari hari ini adalah apa yang dibutuhkan pembaca sebagai bentuk berita atau apa peristiwa penting yang perlu diketahui oleh pembaca.

Gampangnya, News item text adalah berita secara tertulis, yang dikemas dalam bentuk teks. Setiap jenis teks dalam bahasa Inggris mempunyai struktur dan ciri ciri yang berbeda- beda. berikut langkah – langkah yang harus anda ketahui dalam menyusun news item text:

Generic Structure of News Item Text
Pertama anda harus tahu tentang struktur (generic structure) dari news item text. Struktur tersebut ada 3. Struktur atau generic structure of news item text adalah sebagai berikut:
  1. Main Events : Kejadian utama yang pantas untuk dijadikan berita.
  2. Elaboration : Penjelasan mengenai latar belakang terjadinya peristiwa tersebut, tokoh atau orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tersebut, tempat terjadinya peristiwa tersebut, dan berita berita lain yang berhubungan dengan peristiwa tersebut.
  3. Resource of Information (sumber) : Sumber berita, pendapat para ahli tentang peristiwa tersebut, komentar para saksi yang menyaksikan peristiwa tersebut, dan referensi lain yang digunakan untuk menyempurnakan informasi dalam penulisan berita.
Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun news item text:
1.      Dalam menulis sebaiknya menggunakan bahasa yang resmi atau formal.
2.      Ketiga struktur tersebut wajib ada.
3.      Hendaknya mencantumkan sumber/referensi (poin nomer 3)

Grammatical features of News Item
Ciri – cirri kebahasaan atau grammatical features of news item  text adalah sebagai berikut:
  1. Sering menggunakan action verbs ,
  2. Dominan menggunakan saying verbs
  3. Banyak menggunakan adverb of time, adverb of place, adverb of manner.

Note:
  • Menggunakan Action verb, action verb adalah kata kerja yang menunjukan sebuah tindakan. (ex: Do, Write, Kill, Run etc) 
  • Menggunakan Saying verb, saying verb adalah kata yang digunakan untuk menyampaikan pembicara pertama. (ex:dikatakan, diberitakan, memberitakan, dikutip, mengatakan, disebutkan, dll".
Ada banyak sekali contoh news item text. Silahkan klik disini untuk melihatnya => contoh news item text.
Diakui banyak orang bahwa menulis yang baik tidaklah mudah, untuk itu anda perlu melatihnya. Anda dapat mulai menulis kejadian kejadian sehari – hari yang sekiranya penting disekitar anda. Jika anda ingin menjadi seorang jurnalis, kemampuan menulis news item adalah hal yang paling utama yang harus anda kuasai. Demikian pelajaran untuk news item text, semoga bermanfaat.
Selamat belajar, semoga sukses….
----/