penggunaan BORE(BORED) vs BORING dalam bahasa inggris

Let me know, what the difference between BORE(BORED)and BORING
How to use in a sentence ?





Bore adalah verb yang artinya membosankan/membuat orang lain bosan.
I’m sorry if I bored you last night. (Aku mohon maaf jika aku membuatmu bosan tadi malam).
John always bores Jenny. (John selalu membuat Jenny bosan).

In speaking, bore lebih sering digunakan sebagai adjective yaitu dalam bentuk bored (bosan) dan boring (membosankan). Dari contoh kalimat yang kedua di atas, dapat kita tuliskan:
John always makes Jenny bored. (John selalu membuat Jenny bosan)
John is a boring person for Jenny. (John adalah orang yang membosankan bagi Jenny)
Jenny is always bored when she is with John. (Jenny selalu (merasa) bosan ketika bersama John).

Prinsipnya adalah: Gunakan adjective bentuk verb3 (bored) jika noun yang diterangkannya dikenai action dari verb tersebut. Sebaliknya gunakan verb-ing (boring) jika noun yang diterangkannya menyebabkan orang lain terkena dampak dari verb tersebut.
Contoh lain:
I didn’t like English because English was boring. (Dulu aku tidak suka bahasa Inggris karena bahasa Inggris membosankan). Di kalimat ini, boring menerangkan English, dan Englsih menyebabkan I bosan.
I was always bored every time I studied English. (Dulu aku selalu (merasa) bosan tiap kali aku belajar bahasa Inggris).

Prinsip di atas juga berlaku untuk verb3 dan verb-ing lainnya yang digunakan sebagai adjective.
The story is very interesting. (Ceritanya sangat menarik).
I am interested in that story. (Aku tertarik dengan cerita itu).

----/